Makalah obesitas pada ibu hamil

Makan maakanan yang beranekaragam sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama pada ibu hamil. Pola makan yang berlebihan Orang obesitas biasanya lebih responsive terhadap makanan dari pada orang normal. Menjaga keseimbangan gizi pada ibu hamil sangat di perlukan agar kondisi ibu dan janin tetap sehat dengan memberikan makanan yang cukup mengandung karbonhidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga.

Penyebab utamanya adalah obesitas. Sebaliknya, jika makanan berlebih akan mengakibatkan kenaikan berat badan yang berlebihan, bayi besar, dan dapat pula mengakibatkan terjadinya preeklamasi.

Rahim yang hamil biasanya mobilitasnya, lebih mengisi rongga abdomen kanan atau kiri Rustan Mochtar, Pada kehamilan empat bulanberbentuk bulat, sedangkan pada akhir kehamilan berbentuk bujur telur.

Mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil makan untuk dua orang menjadikan para ibu hamil makan dengan porsi berlebih. Padahal, terhambatnya suplai oksigen dapat merusak sel-sel otak janin. Fungsi kelenjar endokrin 1.

Genetik Apabila kita lihat sekilas, orang tua yang gemuk akan memiliki anak yang gemuk pula. Pada perinatal bayi mendapat antibodi yang dimiliki oleh ibu, tetapi setelah 2 bulan antibodi akan menurun.

Para ahli menyebutkan, obesitas selama kehamilan juga dapat menyebabkan efek negatif pada sang bayi saat ia dewasa nanti. Ibu hamil sangat peka terhadap terjadinya infeksi dari berbagai mikroorganisme.

Peningkatan berat badan di trimester pertama memang relatif sedikit, tidak naik atau bahkan berkurang karena muntah-muntah. Pasien dengan obesitas mempunyai status nutrisi yang melebihi kebutuhan metabolisme karena kelebihan masukan kalori dan atau penurunan penggunaan kalori energi.

Aksi yang penting dari hormon paratiroidini adalah untuk memesok janin dengan kalsium yang adekuat. Warna livid pada vagina atau portio serviks di sebt tanda Chadwick Rustam Mochtar, Itulah sebabnya mengapa orang yang pola makannya berlebihan menyebabkan ia lebih mudah gemuk.

Oleh cinta jurnal Diposting pada 21 Agustus …dalam memenuhi kebutuhan nutrisi janin pada saat hamil atau kebutuhan anak menjalani vaksinasi untuk menghindarkan dirinya dari resiko penyakit tertentu. Selain itu juga terjadi hemodilusi menyebabkan metabolisme air menjadi lancar.

Merangsang pertumbuhan jaringan. Trimester II Kandung kencing tertekan oleh uterus yang membesar mulai berkurang, karena uterus sudah mulai keluar dari uterus.

Kegemukan terbagi atas dua jenis, overwieight yakni kondisi yang menunjukkan berat badan berlebih. Perubahan struktur ginjal merupakan aktifitas hormonal [ estrogen dan progesteron ], tekanan yang timbul akibat pembesaran uterus, dan peningkatan volume darah.

Menghasilkan hormon yang dialirkan melalui darah ke jaringan-jaringan yang memerlukan. Ruang Lingkup Pemenuhan gizi ibu hamil adalah yang terpenting pada masa kehamilan. Laju filtrasi glomerulus dan aliran plasma ginjal meningkat pada awal kehamilan.

Vagina dan Vulva Vagina dan vulva mengalami perubaha karena pengaruh estrogen. Pada saaat yang sama, pembesaran uterus mennekan kandung kemih, menimbulkan rasa ingin berkemih walaupun kandung kemih hanya berisi sedikit urine. HCG dapat menurunkan respon imun wanita hamil. Dasar perlunya gizi seimbang bagi ibu hamil pada masa kehamilan merupakan masa terjadinya stress fisiologi pada ibu hamil.

Kelenjar adrenal pada kehamilan normal akan mengecil, sedangkan hormon androstenedion, testosteron, dioksikortikosteron, aldosteron, dan kortisol akan meningkat.Obesitas Pada Ibu Hamil perlu disesuaikan dengan berat badan ibu sebelum hamil.

Jurnal Doc : jurnal pencegahan obesitas pada ibu hamil

Jika berat badan normal, penambahannya 11, kg. Ibu yang overweight cukup menambah ,5 kg, dan Ibu obesitas hanya perlu menambag 6,8 kg. Dasar perlunya gizi seimbang bagi ibu hamil pada masa kehamilan merupakan masa terjadinya stress fisiologi pada ibu hamil.

Ibu hamil sebenernya sama dengan ibu yang tidak hamil, namun kualitas dan kuantiatasnya perlu ditingkatkan melalui pola makan yang baik dengan memilih menu seimbang dengan jenis makanan yang bervariasi (Purwita Sari, ). · Atas dasar pemikiran tersebut kami membuat makalah ini, dan diharapkann akan mampu sedikit mengubah cara pandang masyarakat mengenai konsumsi makanan saat hamil, sehingga menghindari terjadinya obesitas.

Bagi ibu hamil yang menderita obesitas kami juga memberikan informasi nagaimana prinsip diit yang baik. Berikut ini adalah Download Jurnal Gratis yang merupakan kumpulan file dari berbagi sumber tentang jurnal pencegahan obesitas pada ibu hamil yang bisa bapak/ibu gunakan dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini.

Perubahan pada sistem pencernaan seperti sembelit, mual atau nause, perut kembung akibat makanan yang tertahan dalam lambung. sistem muskuloskeletal seperti postur tubuh ibu yang berubah, membuatnya tak nyaman untuk bergerak. Selama hamil, calon ibu memerlukan lebih banyak zat-zat gizi pada wanita yang tidak hamil, karena makanan ibu hamil di butuhkan untuk dirinya dan janin yang di kandungnya, bila makanan ibu terbatas janin akan tetap menyerap persediaan makanan ibu sehingga ibu menjadi kurus, lemah, pucat, gigi rusak, rambut rontok dan lain-lain (Purwita Sari, ).Author: Susilawati Blog.

Bahaya dan Pencegahan Obesitas Pada Ibu Hamil
Makalah obesitas pada ibu hamil
Rated 4/5 based on 72 review